Amalan di Bulan Puasa

Sumber gambar: Pinterest

Tidak terasa bulan ramadhan akan segera berakhir. Rasanya baru kemarin puasa pertama dimulai. Kini, tinggal menghitung hari kepergiannya. Akankah kita kembali berjumpa di ramadhan berikutnya?

Sungguh, suatu berkah yang sangat berharga bisa kembali bersua dengan bulan ramadhan kali ini. Apakah kamu demikian? Sekiranya, sudah berapa banyak amalan yang kamu lakukan beberapa hari terakhir?Amalan yang mengisi hari-hari suci yang belum tentu bisa bertemu dengan kita di tahun berikutnya.

Ada pun amalan-amalan berikut ini yang bisa mengisi bulan ramadhanmu penuh warna.

1. Membaca Al-Qur’an

Mungkin di luar sana, banyak sekali orang yang bisa khatam sampai berkali-kali selama bulan puasa. Namun, aku sendiri sebisa mungkin menyempatkan diri untuk membaca Al-Qur’an setiap harinya. Niatkan hati ingin mengejar pahala dan ridho dari Allah. Berapa pun ayat yang kita baca, insyaallah, aku percaya akan menjadi amal baik kita di mata Allah.

2. Membaca Terjemahan Al-Qur’an

Bukan hanya membaca Al-Qur’an, jika kamu bisa mengisi waktu kosong untuk membaca terjemahan Al-Qur’an kenapa tidak? Hitung-hitung menantikan azan Magrib sembari membaca terjemahan Al-Qur’an. Setidaknya kita bisa belajar sedikit demi sedikit isi kandungan yang ada di dalamnya.

3. Berzikir & Berdoa

Daripada duduk berkelompok lalu bergosip, membicarakan orang lain. Lebih baik, menyendiri untuk berzikir dan berdoa mengingat dan meminta ampunan kepada Allah swt.. Selain pahala yang didapat, kita juga bisa menghindari hal-hal yang padaa akhirnya hanya akan merugikan kita.

4. Membaca Buku-buku Islami

Tidak ada salahnya juga membaca buku-buku islami untuk menambah pengetahuan dan memperkuat iman. Aku saja tengah membaca buku Adab-Adab Dalam Islam di Ipusnas, barangkali ada yang mau ikutan baca.

5. Sedekah

Sebenarnya untuk bersedekah tidak harus menunggu bulan suci saja. Melainkan bisa kita lakukan di hari-hari lainnya. Namun, alangkah baiknya jika bulan suci ini kita isi dengan alaman-amalan baik. Bersedekah pun tak harus dalam jumlah besar sekaligus. Kita bisa bersedekah dengan cara sederhana, misalnya membagikan makanan untuk berbuka puasa pada tetangga.

6. Menghadiri Kajian Islam

Berkumpul dengan orang-orang muslim sudah sepantasnya kita lakukan selayaknya muslim yang baik. Selain menjalin silaturahmi, kita juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan agama dari para pemuka agama yang hadir di kajian tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi amalan-amalan baik yang bisa kita lakukan selama mengisi bulan ramadhan ini, teman. Oh, iya, barangkali ada yang mau menambahkan amalan-amalan baik lainnya boleh tulis di kolom komentar. Selamat menjalankan ibadah puasanya, ya.


Terima kasih banyak untuk kamu yang sudah mampir dan membaca tulisan ini.

Tulisan ini aku ikut sertakan dalam hari sembilan belas BPN30 Day Ramadhan Blog Challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan.

Satu respons untuk “Amalan di Bulan Puasa

Tinggalkan komentar