Hanya Modal 6 Ribu, Makan Sayur Asem Sepuasnya!

Halo, marhaban teman-teman.
Alhamdulillah, sudah hari keempat di bulan Ramadhan. Masih bersemangat bukan menjalankan ibadah puasa? Pastinya dong, ya.

Kemarin aku sudah berbagi resep Mie Bumbu Kacang Skippy. Hari ini aku mau berbagi resep Sayur Asem bermodalkan 6000 rupiah saja. Serius dengan uang 6000 rupiah sudah bisa menikmati kesegaran sayur asem sepuasnya? Serius dong!

Oh, iya, ada sedikit info perihal sayur asem yang ternyata berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat. Meskipun demikian, sayur asem tidak hanya bisa dijumpai di Sunda. Melainkan juga bisa kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Misalnya saja di Palembang, sayur asam acap kali menjadi perlengkap menu di restoran ayam dan ikan bakar. Juga sering kali dijumpai di pondok pecel lele lesehan yang ada di kota Palembang. Penasarankah kamu bagaimana caranya membuat sayur asem bermodal 6000 saja? Berikut adalah bahan-bahannya:

  1. 1 bungkus sayur asem sudah diracik Rp. 4.000 /bungkus
  2. 1 bungkus racik sayur asem Rp. 2.000 / bungkus
  3. 2 gelas air

Cara memasaknya:

  1. Potong sesuai selera sayurannya kemudian cuci bersih lalu tiriskan.
  2. Jika air sudah mendidih, masukan potongan sayur ke dalamnya.
  3. Jika sudah agak matang, masukkan bumbu racik sayur asem kemudian aduk rata sampai sayurnya masak seutuhnya.
  4. Selesai, sayur asem bisa segera dinikmati.

Catatan: Pada saat memasak sayur asem ini, aku menambahkan 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, dan cabai merah beberapa buah. Kalau nggak ditambah nggak apa-apa, kok. Dijamin rasanya sudah sedap.

Ini tampilan sayur asem yang sudah diracik sama penjualnya. Harga satuannya di sini Rp.4000,- ( 4000 adalah harga ECER di warung sayur. Kalau kamu beli di pasar harganya pasti lebih murah šŸ˜ƒ)

Ini tampilan isi sayur asemnya. Ada labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, terong ungu, daun & buah melinjo, sawi manis, kubis/kol, toge, dan juga ada bonus laos kecil. Oh, iya ada bonus laos kecil yang kugepuk sebelum dimasukkan ke dalam rebusan air biar aromanya keluar.

Ini tampilan sayur asem yang sudah jadi. Uh, siapa yang mau coba? Ini hanya sebagian dari porsi yang ada, ya. Porsinya bisa buat makan 4 orang. šŸ˜€

Di atas, kan, adalah cara praktisnya. Kalau misalnya kamu pengin racik sendiri bumbunya bisa, kok. Berikut resep menu sayur asem versi tanpa bumbu racik. Sekalian aku kasih harga, ya, supaya bisa jadi bahan perbandingan. Harga yang tertera di sini harga jual sayuran yang dijual ibuku di rumah hari ini (soalnya harga sayur suka berubah-rubah).

Bahan-bahan:

  1. 1 ons sawi manis Rp. 1.500
  2. 1 ons labu siam Rp. 1.000
  3. 1 ons kacang panjang Rp. 1.000
  4. 1/2 ons toge Rp. 500
  5. 1 ons terong ungu Rp. 1.000
  6. 2 ons jangung Rp. 2.000
  7. 1 ons kubis Rp. 1.000
  8. 2 siung bawang merah
  9. 2 siung bawang putih
  10. 6 buah cabai merah
  11. Sedikit asem jawa
  12. Secukupnya garam, gula, dan penyedap rasa

Cara memasaknya:

  1. Potong sesuai selera sayuran lalu cuci dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang merah, putih, dan cabai.
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan pada air lalu rebus sampai mendidih serta potongan asem jawa yang berukuran kecil.
  4. Masukan sayuran pada air mendidih.
  5. Tambahkan sedikit garam, gula, dan penyedap rasa. Jangan lupa dicicipi, ya. šŸ˜„ Kalau kurang asin atau manis tinggal tambahkan sesuai selera.
  6. Selesai, sayur asem siap nikmati.

Kalau dibuat perbandingan beda 2000 rupiah, ya, hehe. Cuma porsinya lebih banyak yang racik sendiri. Bedanya, ya, nggak bisa beli sedikit seperti yang sudah dibungkus dari sananya.

Akhir kata selamat mencoba, teman-teman!

Dea Ayusafi

Palembang, 09 Mei 2019

***

Terima kasih untuk kamu yang sudah mampir.

Tulisan ini aku ikut sertakan dalam hari keempat BPN30 Day Ramadhan Blog Challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan.

4 respons untuk ā€˜Hanya Modal 6 Ribu, Makan Sayur Asem Sepuasnya!ā€™

Tinggalkan komentar