Make Up Saat Lebaran, Penting Nggak Sih?

Marhaban teman-teman.

Benar-benar tinggal menghitung hari, ya. Tidak terasa sebentar lagi bulan suci ini akan segera berakhir. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada agenda mudik dan sebagainya. Nah, aku mau tanya, nih, sama teman-teman, menurut kalian make up saat hari raya itu penting nggak, sih?

Aku sendiri kalau boleh jujur adalah tipe perempuan yang agak malas dandan total. Sehari-hari saja, kadang hanya memakai krim wajah dan lip cream. Kalau hendak jalan-jalan atau kondangan barulah alat-alat make up yang jarang disentuh itu akan ada manfaatnya 😂. Jujur, kadang-kadang aku pengin, deh, dandan minimalis kayak beauty blogger, akan tetapi kayaknya itu bukan aku banget. Haha.

Sama halnya dengan hari raya, kayaknya aku nggak akan dandan yang wah banget. Lagian buat apa dandan cantik-cantik kalau hanya sekadar mengharapkan pujian dari manusia yang tak ada ikatan pasti?

Oleh karena itulah, paling-paling aku pakai bedak tipis dan lip cream, plus menggoreskan pensil alis sedemikian rupa, haha. Ngomong-ngomong alisku ini kaku banget, tipe alis yang nggak ada bentuknya (ini apalah ya bahasanya absrurd kali).

Tetapi menurutku dandan itu penting nggak penting, sih, lebih ke apa, ya. Pernah nggak kalian melihat seseorang cewek nggak dandan tapi cantik? Natural? Enak dipandang? Nggak bikin bosen? Nah, aku penginnya jadi salah satu cewek yang seperti itu, hahaha. 😂 Asal jangan sampai wajahnya kusut ditekuk kayak baju belum disetrika, saja, kayaknya cukup, deh. Lagipula aku percaya, bahwa kecantikan yang berasal dari hati akan terpancar mencerahkan wajah (dalam sekali bahasanya 😍).

Kalau soal produk make-up sendiri, aku nggak jago-jago amat membedakannya. Banyak banget, deh, kayaknya. 😁😂 Yang namanya kuas saja bisa ada beberapa macam! Untuk ini dan itu. Kalau mau tampil cantik ala boneka Barbie mending aku langsung ke salon saja😂.

Memangnya hari raya ada salon yang buka? Lah, yang mau dandan di hari raya siapa? Kalau sampai ada yang ke salon buat dandan di hari raya kayaknya agak berlebih seorangan menurutku.

Nah, dilansir dari muslimah.or.id tidak diperbolehkan pula bagi seorang perempuan untuk berhias dengan cara yang dilarang oleh Islam, yaitu:

  • Menyambung rambut (al-washl)Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah melaknat penyambung rambut dan orang yang minta disambung rambutnya.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
  • Menato tubuh (al-wasim), mencukur alis (an-namsh), dan mengikir gigi (at-taflij)Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah melaknat orang yang menato dan wanita yang minta ditato, wanita yang menyambung rambutnya (dengan rambut palsu), yang mencukur alis dan yang minta dicukur, serta wanita yang meregangkan (mengikir) giginya untuk kecantikan, yang merubah ciptaan Allah.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
  • Mengenakan wewangian bukan untuk suaminya (ketika keluar rumah)Baginda nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap wanita yang menggunakan wewangian, kemudian ia keluar dan melewati sekelompok manusia agar mereka dapat mencium bau harumnya, maka ia adalah seorang pezina, dan setiap mata itu adalah pezina.” (Riwayat Ahmad, an-Nasa’i, dan al-Hakim dari jalan Abu Musa al-Asy‘ari radhiyallahu ‘anhu)
  • Memanjangkan kukuNabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Yang termasuk fitrah manusia itu ada lima (yaitu): khitan, mencukur bulu kemaluan, mencukur kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
  • Berhias menyerupai kaum lelaki“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupakan diri seperti wanita dan melaknat wanita yang menyerupakan diri seperti laki-laki.” (Riwayat Bukhari). Hadits ini dinilai shahih oleh at-Tirmidzi.

Nah, wahai kaum Adam, kalian lebih suka melihat perempuan yang biasa saja dalam berhiasnya atau yang mampu menarik perhatian?

Buat kaum Hawa, adakah tips khusus bagimu untuk make-up saat hari lebaran nanti?

Sebaik-baiknya seorang manusia adalah dia yang tidak melebihkan kehidupannya untuk hal sia-sia. Semoga postingan ini ada faedahnya.


Terima kasih banyak untuk kamu yang sudah mampir dan membaca tulisan ini.

Tulisan ini aku ikut sertakan dalam hari ke dua puluh dua BPN30 Day Ramadhan Blog Challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan.

4 respons untuk ‘Make Up Saat Lebaran, Penting Nggak Sih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s