Asyiknya Baca Buku di IPusnas, Aplikasi Wajib bagi Para Pencinta Buku

Wahai para Pencinta Buku, sekarang bukan lagi waktunya untuk bergalau ria. Galau karena jarak perpustakaan dari rumahmu yang jauh, galau gara-gara lagi banyak pengeluaran kamu jadi nggak bisa jajan buku dulu, atau galau karena nggak sempat membawa buku ke mana-mana. Sudah tahukah kamu kalau sekarang sudah tersedia aplikasi keren yang wajib ada di ponsel kamu, para Pencinta Buku.

Apa nama aplikasinya?

Nama aplikasinya adalah iPusnas.

iPusnas itu aplikasi apa sih?

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan Aksamaraya selaku pengembang aplikasi.

Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi iPusnas sudah dilengkapi fitur-fitur layaknya media sosial lainnya. Selain bisa membaca buku secara gratis di sini, kamu juga bisa saling berinteraksi dengan para Pencinta Buku yang lainnya. Enak dong, ya. Kamu juga bisa merekomensikan buku pilihanmu kepada teman-temanmu dan menulis ulasan buku tersebut.

Kabar baiknya, kamu bisa membaca ebook di iPusnas secara daring maupun luring. Untuk membaca saat luring, dengan catatan ebook yang hendak kamu baca harus sudah sukses terunduh 100% dulu.

Wah, menarik sekali, ya. Oh, iya, memangnya apa saja fitur-fitur yang ada di iPusnas?

Koleksi Buku: Ini adalah fitur yang mengantarkan Anda untuk menjelajahi ribuan judul ebook yang ada di iPusnas. Pilih judul yang Anda inginkan, pinjam dan baca hanya dengan menggunakan jarimu!

• ePustaka: Fitur unggulan iPusnas yang memungkinkan Anda bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital dengan beragam koleksi bukunya masing-masing, menjadikan perpustakaan serasa dalam genggaman.

Feed: Untuk melihat semua aktivitas pengguna iPusnas lainnya seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain hingga memberikan komentar.

Rak Buku: Merupakan rak buku virtual milik Anda di mana semua riwayat peminjaman buku tersimpan di dalamnya, sehingga memudahkan Anda untuk membaca buku yang telah dipinjam.

• eReader: Fitur ini membuat gawai (gadget) Anda dapat membaca ebook dengan mudah dan nyaman di dalam aplikasi iPusnas.

Ya, sudah, aku izin melipir mau download aplikasi iPusnas dulu, ya.

Jadi, begitulah gambaran secara garis besar aplikasi keren satu ini. Oh, iya, perlu diingat bahwa dalam satu hari kita diberi batasan untuk meminjam sebanyak tiga buku saja. Selain itu, proses pendaftarannya layaknya daftar akun media sosial pada umumnya. Asalkan kamu ada akun google dan facebook, perpustakaan dalam genggaman akan menjadi kenyataan.

Cerita sedikit, setiap hari aku nggak lupa untuk membuka aplikasi satu ini dan pasti ada saja buku yang kupinjam meskipun entah kapan dibaca, hehe. Setidaknya jejak buku tersebut akan tersimpan di riwayat pinjaman buku. Kalau esok-esok ada waktu luang, aku nggak perlu repot-repot mencari ulang buku tersebut. Soalnya aku tinggal lihat riwayat pinjaman buku di akun iPusnas-ku. Pokoknya, aplikasi satu ini benar-benar wajib ada di ponsel kamu.

Berikut tampilan halaman depan saat aplikasi iPusnas dibuka:

“Wujudkan revolusi mental melalui membaca.” Jokowi-JK

“Perpustakaan hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Di manapun kapan pun, dengan nyaman bersama setiap orang.”

“Dengan ribuan koleksi bacaan yang bisa kamu akses secara gratis.”

Gunakan akun facebook dan akun email untuk login. Kalau kamu belum daftar pokoknya pilih saja dari salah satu itu, nanti akan ada balasan buat kamu yang belum terdaftar. Ikuti saja perintahnya.

Halaman depan, nih. Klik ikon kaca pembesar untuk mencari koleksi buku.


Aku coba cari dengan kata kunci Tere Liye. Kamu bisa lihat, banyak sekali koleksi buku yang muncul. Tinggal klik mau yang mana. Gampang banget, kan?


Kali saja ada yang mau follow akun iPusnas-ku. Nggak terasa sudah sore. Kayaknya cukup sampai di sini tulisan kali ini. Kalau masih ada hal-hal yang ingin ditanyakan boleh ditulis di kolom komentar. Jangan sungkan. Yuk, mulai sekarang baca ebook legal di iPusnas. Katakan selamat tinggal pada ebook ilegal. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Ambil sisi positif saja, ya. Sampai jumpa di tulisan recehku yang berikutnya.


Sumber referensi dan link download aplikasi iPusnas klik di sini.

Iklan

30 thoughts on “Asyiknya Baca Buku di IPusnas, Aplikasi Wajib bagi Para Pencinta Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s