Resensi Buku Strawberry Cheesecake Karya Ayu Widya

Judul: Strawberry Cheesecake
Penulis: Ayu Widya
Penerbit: Bentang Pustaka
Jumlah halaman: +304 halaman
ISBN: 978-602-291-138-8
Periode baca: 4 Januari 2019
Rating: 3,5 🌟

Selama menjadi artis terkenal, tantangan kali ini benar-benar mengusik Alana. Demi menarik simpati pujaan hati yang tak kunjung menerima cintanya, Alana menerima tantangan itu . Reality show membuat kue! Di sinilah petaka dimulai. Alana bisa melakukan apapun, kecuali memasak! Kalau bukan karena Aidan, mana mungkin ia bersusah-susah melakukan ini.

Ia terpaksa harus berbohong di depan kamera bahwa ia mahir membuat cake. Adonan menjijikkan, kue bantat, dekorasi mengerikan adalah hasil karya Alana selama proses syuting. Untungnya, ia bertemu Regan, seorang karyawan baru di Strawberry Garden Deli, kafe tempat mereka syuting. Alana takjub dengan kemampuan Regan membuat kue. Karenanya, Alana membujuk Regan habis-habisan untuk mengajarinya demi keperluan syuting.

Meski Regan galak dan menyebalkan, Alana terpaksa belajar darinya. Alana benci harus menghadapi Regan yang sok cool itu setiap hari. Alana benci ketika Regan selalu meremehkan kemampuannya, yang sebenarnya memang tidak ada. Alana benci terlihat bodoh di depan Regan. Dan, yang paling tidak disukai Alana adalah ia benci harus menyangkal tunas-tunas perasaan yang tumbuh di hatinya, untuk Regan.

Siapa di sini yang jago bikin cake? Please, jangan tanya aku. Seumur hidupku ini, baru satu kali aku berurusan dengan adonan kue. Itu pun buat brownies cokelat dengan si ibuk sebagai mentor. Nah, kira-kira nasib Alana bakalan jadi seperti apa, ya? Bohong itu memang bikin urusan makin pelik.

Ceritanya dimulai saat stok Strawberry Cheesecake di toko langganan Alana habis. Saat itu Alana seperti kambing yang kebakaran jenggot. Padahal, ia sudah berjanji akan menemui Aidan, si cowok cute di apartemen Aidan dengan membawa Strawberry Cheesecake buatannya. Gara-gara ingin mendapatkan Strawberry Cheesecake, nggak Alana duga ia malah menghancurkan acara salah satu pelanggan yang tengah merayakan acara ulang tahunnya.

Di balik kover yang bikin mata segar ini, w bermain sinetron stripping. Alih-alih menikmati liburannya, Alana terjebak syuting Celebrity Cake Show. Jujur, Alana lebih suka bongkar tasnya di depan kamera daripada berurusan dengan dapur. Sebenarnya aku rada kasian sama si Alana tetapi salah sendiri kenapa pakai acara bohong sih kalau jago bikin cake cuma gara-gara pengin mendapatkan hatinya Aidan.

Regan si cowok Klub Motor Besar yang seksi, pintar, serta jago bikin cake. Aku jadi terbayang sama Chef Juna, ups, hahaha. Cowok jago masak di mata cewek itu memang tampak kereeen dan punya nilai plus plus plus deh pokoknya. Siapa, sih, yang nggak pengin punya doi modelnya seperti Regan? Jadi, gara-gara ketahuan makan nggak bayar, Regan dihukum sama kakek pemilik Strawberry Garden Deli menjadi seorang kurir. Haha, Regan hanya butuh waktu 15 menit mengantar tiga pesanan. Wuih, yang benar saja! Kalau diadu sama Rosi, bisa-bisa si Regan bakalan menang, nih.

Alana dan Regan bertemu di Strawberry Garden Deli. Alana kaget saat Regan berujar bahwa Alana selalu membuatnya malu. Eh, maksudnya apa? Alana merasa nggak pernah mengenal Regan sebelumnya. Nah, loh?

Setting novel ini di Bandung, lebih spesifiknya di Strawberry Garden Deli. Dari namanya saja sudah terbayang bukan betapa banyaknya strawberry di sana? Aku jadi pengin datang ke sana. Meskipun nggak suka makan buah strawberry bisa ketemu sama Regan, kan, lumayan. Krik. Krik. Krik.⁣

Alana yang nggak bisa masak minta bantuan Regan supaya bisa menyelesaikan tantangan di Celebrity Cake Show. Sayangnya Regan ini terlalu jujur dan apa adanya.⁣

“Aku nggak suka disuruh menyerah, apalagi ada yang meremehkan kemampuanku.” Alana: halaman 75.⁣

“Jangan marah. Aku memang bilang kamu enggak punya bakat memasak, tapi bukan berarti kamu nggak punya bakat. Kamu berbakat di bidang akting dan modeling. Tubuhmu ideal dan wajahmu cantik … kalau tidak cemberut seperti ini.” Regan: halaman 76.⁣


Kalau aku jadi Alana, aku pasti bakalan baper juga sama Regan gara-gara dipuji begitu haha. Eit, sayangnya Regan ini ternyata sudah punya pacar. Sedangkan Alana sejak awal sudah jatuh cinta sama si Aidan makanya dia sampai repot-repot ikutan Celebrity Cake Show itu.

Konflik dalam novel ini sebenarnya cukup sederhana, meskipun begitu aku nggak bisa buat nggak senyum-senyum sepanjang baca novel ini. Interaksi antara Alana dan Regan itu bikin iri sekaligus gokil.⁣

Secara garis besar novel ini menceritakan tentang pencarian cinta sejati dan jati diri. Sisi keluarganya juga ada kok.⁣

Selain itu, banyak kejadian menarik bagiku selama membaca novel ini. Misalnya, saat Alana mendapatkan komentar buruk soal masakannya. Membayangkan betapa kekinya Alana yang manja mendapatkan komentar buruk seperti itu bikin aku lagi-lagi nggak bisa nahan diri buat ketawa-ketiwi. Apalagi saat Alana nggak bisa nahan diri buat nggak tergoda masakannya Regan padahal dia lagi diet, huhu, jadi cewek memang rumit kalau sudah berurusan dengan lemak. Hmm, apa lagi yaaa. Pokoknya seruu dan bikin geregetan bacanya.⁣

Oh, iya, novel ini menggunakan 2 POV yang bergantian antara Alana dan Regan. Gaya bahasanya juga ngalir menurutku. Intinya, aku menikmati novel ini dan aku terhibur. Dibaca berulang kali sensasinya tetap sama. Kak Ayu Widya kayaknya memang jago bikin orang ketawa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s