Resensi Buku Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono

Judul: Hujan Bulan Juni
Penulis: Sapardi Djoko Damono
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN 9786-0203-78374
Jumlah halaman: 144 halaman
Periode baca: 3 September 2018
Rating: 3,5🌟

Bagaimana mungkin seseorang memiliki keinginan untuk mengurai kembali benang yang tak terkirakan jumlahnya dalam selembar sapu tangan yang telah ditenunnya sendiri.

Bagaimana mungkin seseorang bisa mendadak terbebaskan dari jaringan benang yang susun-bersusun, silang-menyilang, timpa-menimpa dengan rapi di selembar saputangan yang sudah bertahun-tahun lamanya ditenun dengan sabar oleh jari-jarinya sendiri oleh kesunyiannya sendiri oleh ketabahannya sendiri oleh tarikan dan hembusan napasnya sendiri oleh rintik waktu dalam benaknya sendiri oleh kerinduannya sendiri oleh penghayatannya sendiri tentang hubungan-hubungan pelik antara perempuan dan laki-laki yang tinggal di sebuah ruangan kedap suara yang bernama kasih sayang.

Bagaimana mungkin.

Membaca novel Hujan Bulan Juni merupakan pengalaman yang cukup mengesankan. Karena aku diajak berkenalan dengan dua dosen muda yang saling mencintai, yakni Sarwono dan Pinkan yang akan melanjutkan studi ke Jepang. Namun, sayangnya, perjalanan kisah cinta mereka didera kepelikan.

Ya, namanya juga hidup, nggak selalu berjalan sesuai yang kita inginkan, bukan?

Berhubung kisah di dalam novel ini penuh dengan kilas balik, kita harus benar-benar dalam keadaan santai dan fokus saat membacanya. Sehingga kita dapat menikmati cerita di dalamnya dengan baik.

Soal gaya bahasa, tak perlu diragukan lagi. Aku menemukan beberapa bait puisi yang aduhai. Namun, ada beberapa bagian yang membuatku agak jenuh. Meskipun begitu aku masih bisa menikmatinya. Tinggal ambil snack, lalu lanjut baca.

Oh, iya, untuk jumlah halaman, novel ini cukup tipis. Novel ini juga mempunyai beberapa seri. Mungkin jika ada kesempatan aku bakal membaca seri selanjutnya. Novel ini cocok buat kamu yang memang penggemar tulisan eyang Sapardi dan siap bersabar mengikuti alur cerita, nggak ada salahnya buat kamu mencoba membaca novel ini.

Iklan

2 thoughts on “Resensi Buku Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s