2019 Wajib Bayar Denda Baca 80 Buku! Eh, Kok Bisa?

Sumber gambar: Pixabay/ThoughtCatalog

Rasanya sudah lama sekali aku nggak menulis di blog. Entahlah, tahun kemarin benar-benar terlalu banyak hal pelik yang bikin aku malas ngapain-ngapain. Ya, meskipun demikian, semoga di 2019 ini segala hal yang ingin aku lakukan berjalan lancar. Aamiin.

Oh, iya, di kesempatan kali ini aku mau posting daftar buku apa saja yang aku baca di 2018. Setelah kuhitung pakai hidung, eh, jari maksudnya… ternyata oh ternyata ada 40 buku yang berhasil kubaca. Padahal… targetku tahun kemarin bisa kelar baca 50 buku. Yaa, kalau dipikir-pikir, bisa membaca 40 buku dalam satu tahun adalah hal yang membanggakan bagiku. Kalau diingat-ingat, 2018 cukup mengambil peran besar, sebab 2018 menjadi titik awal di mana aku lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca buku. Semoga di 2019 aku bisa membaca dan menulis lebih banyak di 2018. Aamiin. Berikut daftar buku yang kubaca:

1. Pangeran Bumi Kesatria Bulan karya Ary Nilandari
2. Perempuan Langit karya Dita Safitri
3. The Coffe Memory karya Riawani Eltya
4. Konstelasi Rindu karya Farah Hidayati
5. Cerpengram karya Peng Khen Sun
6. Peek a Boo, Love karya Sofi Meloni
7. Dari Timur karya Ama Achmad, dkk.
8. Cinta 4 Sisi karya Indah Hanaco
9. Jakarta Sebelum Pagi karya Ziggy Z
10. Karma Cepat Datangnya karya Arimbi Bimoseno
11. Radio Galau FM Fans Stories karya Radio Galau FM
12. Summer In Seoul karya Ilana Tan
13. 3 Segi Cinta karya Boyke Abdillah
14. Bukan Salah Bintang Jatuh karya Aisha Yuliana
15. Seri Kiat Praktis Perencanaan Keuangan: Buka Usaha Nggak Kaya? Percuma! karya Safira Senduk
16. Dari Do It Menjadi Duit karya Trani Retno A dan Yanti Isa
17. Luka Dalam Bara karya Bernard Batubara
18. Lettie: Let’s Play Outside karya Hardi Lim
19. Re: karya Maman Suherman
20. Eleven Minutes karya Paulo Coelho
21. Creepy Case Club karya Rizal Iwan
22. Seira & Tongkat Lumimuut karya Anatasye Natanel
23. A Sinner karya Ria Amalia
24. Secangkir Kopi Tanpa Kafein karya Rose Kusumaning R
25. 45 Kesalahan Penulis Wattpad karya Neinilam Gita
26. Sederet Cerita Para Pencinta Buku karya Komunitas One Week One Book
27. Ruang Tengah karya Nulis Yuk
28. Titik Terendah karya Nulis Yuk
29. Hujan Bulan Juni karya Sapardi
30. Tentang Singgah karya Laditri
31. Dunia Maya karya SBC Surabaya
32. Runaway karya Keiza Evi Wiadji
33. Teman Tapi Musuh karya Eifel Dastin
34. The Rainbow karya Jesiccw Chandra
35. Forgive to Forget karya Daissy Ann
36. Di Tanah Lada karya Ziggy Z
37. Tips & Trik Mendapatkan Modal Usaha & Mengelolahnya karya Aqila Smart
38. Kota Kata Kita karya Gramedia Writing Project
39. Cinta Akhir Pekan karya Dadan Erlangga
40. Rooftop Buddies karya Honey Dee

Dan ya, ini tampak muluk soalnya di 2019 ini aku pasang target dua kali lipat dari jumlah buku yang kubaca di 2018. Sebenarnya ini termasuk dalam niat bayar hutang atau anggaplah sebagai hukuman karena nggak sampai target.

Jadi… di 2019 target baca yang harus aku selesaikan adalah 80 buku. Jika dibandingkan sama kawan-kawan lain, target 80 buku terbilang kecil. Ya… meskipun demikian, pokoknya aku mau baca dan menulis lebih banyak buku di 2019 ini. Semoga aku bisa konsisten dan rajin nulis di blog ini (sambil nyicil menulis resensi buku yang sudah kubaca di atas, yaaa semoga saja lancar).

Kalau kamu? Baca berapa buku 2018 kemarin? Dan berapa target bacamu tahun ini?

33 respons untuk ‘2019 Wajib Bayar Denda Baca 80 Buku! Eh, Kok Bisa?

  1. Keren bgt, bikin target jumlah buku yg harus dibaca. Aku aja gatau setahun dapet berapa buku. 5 aja kayaknya ga nyampe huhu. Emang dasarnya lebih menikmati blog walking dan baca2 wattpad. Jadi terinspirasi punya target baca buku juga 😁 tengkyuu

    Suka

      1. Kalau aku lebih beli buku yang pengin bangeeet. Dari buku di atas cuma ada 2 buku atau berapa ya yang beli. Sisanya dikasih gratis dan baca di Ijak sama Ipusnas. 😂😂😂😂 Aku termasuk sayang-sayangan beli buku sumpah. 😂😂😂😂

        Suka

      2. samaaan kalau sayang keluarin duit beli buku, lebih royal untuk beli kuota internet sih, padahal kalau dibelikan buku sudah dapat dua.

        enak banget ya gratisan

        Suka

  2. kalau selama setahun, saya lupa udh berapa buku yg sudah saya baca ka 😂😂 tapi kalau terakhir kali ini, saya baca buku tentang psikologi, novel dee lestari, sherlock holmes short story.

    Suka

    1. Coba dicatat hehe, aku juga mungkin bakalan lupa tapi karena ada goodreads sama buat ulasan di instagram jadi mudah buat rekapnya. Hahaha. Rekomendasi dong buku yang bagus? 😅 Eh, jangan bilang Aroma Karsa?

      Suka

      1. goodreads buat review buku” itu ya ka? wah keren sih ka rajin banget buat nulis semua buku yang pernah kaka baca. biar ada kenangannya~ apalagi kalau semisal di buku itu ada quotes” menarik, bisa d tulis d catatan review 😀

        Suka

      2. Iyaa, enaknya kita jadi bisa tandai buku yang sudah dibaca dan nggak harus buat review kok di goodreads. Yeeee, review singkat kebanyakan hahaaaa. Kebanyakan lagi nggak dibuat reviewnya. 😂 Semoga 2019 bisa langsung nulis review pas selesai baca buku biar nggak malas. 😂

        Suka

      3. Haha cobalah baca. Di IJak dan Ipus ada. Bukunya tentang anak kecil yang selalu bawa kamus bahasa indonesia (hadiah dari sang kakek) ke mana-mana. Tentang broken home gitulah. Bagus. Rata-rata karya Ziggy memang bagus-bagus, katanya. Tapi aku baru baca 2 yang Di Tanah Lada sama Jakarta Sebelum Pagi. Sebelumnya semoat baca yang Seperti Ikan-Ikan di Langit dan itu sepertinya bukan bacaan yang cocok buat aku. Hahaha.

        Suka

  3. Kalau 80 buku termasuk bilangan yang kecil, gimana dengan resolusi saya yang membaca setidaknya 15 buku tahun ini, Kak? :”) Tapi, menurut saya luar biasa Kakak bisa melahap 40 buku dalam setahun. Mungkin ada tipsnya, Kak, supaya nggak malas membaca?

    Suka

    1. Hihi, duh, aku biasanya baca buku selesai sekali duduk bukan tipe yang baca setiap hari. 😂 Jadi kalo lagi malas nggak akan baca buku sama sekali. Apa yaaa, mungkin mulai baca buku yang bagus2 dan yang kita mau aja sih. Jangan memaksakan diri. 😂 Ini aja sok target 80, sampai hari ini baru baca 6 buku.

      Suka

      1. Wah, 6 buku sih udah termasuk luar biasa, Kak (dibanding disini yang masih selesei 2 aja hehe). Ada rekomendasi buku yang asik dibaca pemula, Kak? 🙂

        Suka

Tinggalkan komentar